• gallery
  • gallery
  • gallery
  • gallery
  • gallery

BBWM Raih Penghargaan “The Best Oil & Gas Company of The Years”

PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) menorehkan prestasi terbaik tahun ini. Perusahaan minyak dan gas milik Pemerintah Kabupaten Bekasi yang dinahkodai Prananto Sukodjatmoko, selaku Direktur Utama, ini meraih penghargaan untuk kategori The Best Oil & Gas Company of The Years pada ajang Indonesian Entrepreneur & Education Award.

 

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil rekomendasi dari Kementerian RI, lembaga pemerintah, LSM, dan swasta dengan harapan semakin meningkatnya kinerja dan kreativitas penerima penghargaan.

 

Majalah Indonesian Inspire selaku penyelenggara merilis bahwa, penilaian dilandaskan pada beberapa kriteria seperti kualitas, inovasi, performa, akuntabilitas, kepedulian dan lain-lain. BBWM, dinilai memenehui semua kriteria tersebut sehingga layak memperoleh penghargaan berbengsi ini.

 

Direktur Utama BBWM, Prananto Sukodjatmoko menjelaskan, penghargaan tersebut menjadi suktikan motivasi bagi Direksi dan seluruh karyawan untuk meningkatkan prestasi di bidang bisnis minyak dan gas.

 

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk meningkatkan kinerja dan perbaikan secara berkelanjutan” terang Prananto.

 

BBWM memenuhi kriteria penghargaan berkat kemandirian perusahaan tersebut mengolah gas flare atau gas buang dari sumur minyak PT Pertamina blok Tambun, dengan konsentrasi produk elpiji. Perusahaan milih daerah ini telah memiliki kilang pengolahan mandiri, dan terus melakukan inovasi olahan gas.

 

Menurut Prananto, selain menjaga profesionalisme dalam dunia bisnis minyak dan gas, PT BBWM tidak meninggalkan kewajibannya terhadap lingkungan dan masyarakat. Melalui program pemberdayaan masyarakat, perusahaan ini aktif mendorong peningkatan kapasistas pendidikan masyarakat di sekitar kilang Tambun lewat program beasiswa.

 

Perusahaan ini juga aktif membuka akses dunia pendidikan di Kabupaten Bekasi, terhadap pengetahuan global dengan memberikan layanan internet gratis. Program yang telah berjalan selama empat tahun itu telah dinikmati sekitar 15 sekolah.

 

Terhadap lingkungan masyarakat, BBWM aktif dalam program bedah rumah melalui forum CSR Kabupaten Bekasi. Sejumlah rumah warga tidak layak huni di daerah pesisir utara Kabupaten Bekasi telah direnovasi. Dukungan terhadap lingkungan terus dilakukan dalam berbagai program sosial-masyarakat.

 

Inovasi Produk

 

Sejak akhir tahun 2017, PT BBWM melakukan inovasi produk dengan berkonsentrasi pada gas terproses atau hasil pembersihan gas flare menjadi gas bersih, kemudian hasilnya dijual kembali ke PT Pertamina.

 

Pengolahan gas terproses lebih menguntungkan ketimbang bertahan pada skema jual-beli minyak yang diprediksi dapat menaikkan pendapatan minimal 10 persen. Sebagai gambaran, pada tahun 2017 lalu nilai pendapatan yang masuk ke kas daerah Kabupaten Bekasi sebesar Rp 2,2 miliar. “Bisa naik minimal 10 persen tahun ini,” terang Prananto.

 

Saat ini, volume gas flare Kilang Tambun sebanyak 30 kaki kubik, turun dari tahun-tahun sebelumnya sebnayak sebanyak 72 kaki kubik. Adapun jatah untuk PT BBWM untuk diolah dengan model gas terproses sebanyak 7-8 kaki kubik.*