Ilustrasi_Puskesmas

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Ajak Masyarakat Sehat dengan CERDIK

Pemerintah Kabupaten Bekasi,, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi ajak masyarakat hidup sehat dengan CERDIK. Program yang digagas untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan, dr Sri Eny merupakan program pemerintah pusat untuk mengingatkan masyarakat Indonesia berpola hidup sehat. 
 
Seperti dikutip dari humas.bekasikab.go.id, di Kabupaten Bekasi sendiri, program tersebut telah disosiasasikan, seperti sosialisasi percepatan imunisasi. 
 
“Sekarang ini ada saran yang dimbau dari Pemerintah Pusat agar tiap daerah untuk mengajak masyarakatnya berpola hidup sehat. Isu isu kesehatan yang disarankan itu berupa percepatan imunisasi, percepatan eliminasi tuberklosis,” ujarnya saat diwawancarai (14/11/2018).
 
 
Sri Eny menjelaskan, program CERDIK tersebut adalah; Chek Kesehatan Setiap Hari, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Olah Raga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress. Ia menambahkan, dengan pola hidup seperti itu masyarakat di seluruh Kabupaten Bekasi bisa terkelola pola cara hidup sehat.
 
“Pola hidup sehat bisa dipersiapkan saat menjadi calon pengantin, mempersiapkan kehamilan sang ibu sampai kelahiran sang anak, kemudian mempersiapkan asi ekslusifnya, imunisasi lengkap, kemudian pendidikan yang lengkap sampai masa tua. Jadi kunci pola hidup sehat itu ada di sana tadi yakni CERDIK,” paparnya lebih jauh.
 
Sosialisasi pola hidup sehat terus disampaikan Dinas Kesehatan melalui seluruh puskesmas maupun posyandu di wilayah. Dengan respons positif dari masyarakat atas program CERDIK, Eny optimis kualitas hidup masyarakat Kabupaten Bekasi akan lebih baik ke depan. 
 
“Sehat itu adalah pilihan, kita tidak memaksa bagaimana dari masyarakat mau menerima imbauan untuk berpola hidup sehat dengan modelCERDIK,” tutupnya. (cha)