IMG_1232

BBWM Gandeng Berbagai Pihak Bersih bersih Kali

Perusahaan Migas Daerah PT Bina Bangun Wibawa Mukti (BBWM) menunjukkan komitmen terhadap kesehatan lingkungan lewat program pengendalian sampah. Menggandeng perusahaan Migas Hulu Jabar ONWJ dan LSM Gerakan Melestarikan Alam Raya (GEMMA), aksi bersih bersih sampah dilaksanakan di bulan Suci Ramadhan, yang dipusatkan di bantaran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Senior Manajer PT BBWM, Hillaludin Yusri menjelaskan kegiatan bersih bersih di bantaran kali bertujuan menginisiasi dan mengedukasi warga di Kabupaten Bekasi, agar peduli terhadap kesehatan lingkungan dimulai dari mengolah sampah rumah tangga.

“Kami ingin mengajak warga untuk tidak membuang sampah di area publik terutama yang memberikan dampak buruk secara langsung, seperti sungai dan tepi jalan,” terang Hillaludin, pada kegiatan bersih kali CBL, di Desa Sriamih, Kecamatan Tambun, Ahad 24 April 2021.

IMG_1243

Membuang sampah ke badan sungai menyebabkan banjir dan pencemaran pada biota sungai seperti ikan atau tanaman yang berfungsi menjaga kejernihan air. Sementara membuang sampah di tepi jalan dapat menimbulkan penyakit karena bakteri yang ditularkan melalui laler, atau mencemari udara sekitar.

Kegiatan bersih bersih di bantaran Kali CBL dilaksanakan di bulan Ramdhan sebagai wujud dari memahami hakekat beragama yang menekankan pentingnya kebersihan. Seperti ingin melaksanakan ibadah sholat, seseorang tidak bisa menunaikan sholat dalam kondisi kotor dan bernajis, sehingga ia harus mensucikan dirinya serta mensucikan tempat atau area sholatnya. Area sholat ini adalah lingkungan. Jika lingkungan bersih, maka masyarakat bisa dengan tenang menunaikan segala hajatnya.

Aksi bersih bersih dilakukan dengan mengangkat sampah yang tergeletak di pinggir jalan atau di badan sungai, lalu diangkut menggunakan truk atau armada sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Burangkeng.

Direktur Operasional MHJ ONWJ, Ardra Teja Bhaswara berharap aksi bersih bersih di sekitar Kali CBL dapat memberikan dampak positif kepada warga. Dampak positif pengelolaan lingkungan terhadap warga meliputi tiga hal, yakni, terpenuhinya kebutuhan ekonomi setidaknya aktivitas niaga warga tidak terganggu sampah, terbentuknya relasi sosial secara baik, dan berorientasi pada pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan.

“Kami berhadap aksi bersih bersih kali CBL dari sampah ini memberikan dampak positif secara langsung pada kehidupan masyarakat di sekitarnya,” imbuh Ardra.

Kegiatan bersih bersih sampah ini secara rutin dilaksanakan oleh PT BBWM dengan menggandeng berbagai pihak. Lokasi bersih bersih dipilih secara bergilir di wilayah Utara Kabupaten Bekasi, yang menjadi area operasional pengolahan gas buang (flare gas) dari kilang Minyak dan Gas Tambun.*

IMG_1239