• gallery
  • gallery

Senja di Situ Abidin Bojongmangu

BOJONGMANGU- Lagi, Kabupaten Bekasi hadir menawarkan kekayaan alam yang mempesona. Situ Abidin, danau cantik yang membentang di Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi ini berada di ketinggian 400 Mdpl.

Danau dengan luas 11 hektar ini bisa Anda tempuh hanya 15 menit dari Perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi. Anda tidak perlu susah payah menuju Situ Abidin, karena infrastruktur jalan sudah sangat baik, juga tersedia papan penunjuk arah menuju Situ Abidin.
Selain menjadi ikon pariwisata bagi Kabupaten Bekasi, Situ Abidin juga menjadi anugerah bagi warganya. Air di Situ Abidin ini dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup tanaman padi dan palawija yang ada di sekitar situ. Selain itu, banyak warga yang mencari ikan di Situ Abidin.

Jika Anda berkunjung ke Situ Abidin, Anda akan menemukan pulau yang di tengah situ. Di pulau itu berdiri bangunan bersejarah yang dijaga oleh sesepuh. Bangunan itu adalah makam keramat Mbah Uyut Bidin dan Mbah Uyut Lidam. Konon, keduanya adalah sosok yang disegani di wilayah ini.

Di saat hari libur, banyak pengunjung datang ke Situ Abidin. Tidak hanya warga sekitar saja, tetapi juga dari luar daerah yang sengaja datang ke Situ Abidin.

Tika (28), Minggu (01/07/2018) salah satu pengunjung asal Kota Bekasi mengaku menempuh jarak hingga 2 jam menuju Situ Abidin.
“Sengaja ke sini, mau menikmati senja di Situ Abidin. Alhamdulillah cuacanya lagi bagus. Jadi bisa liat matahari terbenam di Situ Abidin,” terang perempuan berhijab ini.

Pesona Situ Abidin sangat luar biasa dan menjadi daya tarik bagi siapa pun yang mengunjunginya. Selepas mata memandang, disuguhi pemandangan alam seperti pepohonan yang rimbun nan eksotik.

Situ Abidin tetap semringah dengan keanggunan alam yang membentang. Menunggu senja dan menghabiskan magrib di bibir danau menjadi romantisme yang tidak akan bisa Anda lupakan. (cha)